Negara China Tuduh Australia Perihal Penangkapan Wartawan China

Negara China Tuduh Australia Perihal Penangkapan Wartawan China

Negara China Tuduh Australia Perihal Penangkapan Wartawan China – Sesuai dengan berita politik luar negeri terbaru ini bahwa disebutkan Badan Intelijen Australia sudah memberikan interogasi terhadap wartawan China.

Hal itu pun dilakukan secara tidak resmi tentang menyangkut kondisi politik di China Sendiri. Untuk itu maka China pun akan segera mengambil keputusan mengenai persoalan tersebut

Alasan Bahwa Negara China Tuduh Australia Melakukan Balasan

Mengenai wacana ini tentunya dikarenakan secara tiba tiba Australia telah memberikan tekanan terhadap jurnalis china yang melakukan peliputan di Australia. Hal itu pun bersumber ketika petugas Australia secara nyata telah menuduh media china untuk tidak mengikuti peraturan yang berlaku pada saat peliputan media.

Baca juga artikel menarik tentang indonesia ikut di perdamaian dunia

Namun temtimya badan intelijen utama Australia memberikan konfirmasi penolakan tentang tudingan tersebut. Dikarenakan pihak Australia sendiri telah meminta keterangan dari polisi Australia mengenai hal tersebut.

Negara China Tuduh Australia Perihal Penangkapan Wartawan China

Adapun peristiwa tersebut terjadi ketika indiden kaburnya dua jurnalis Australia di China bernama Bill Birtles dan Michael Smith yang takut akan ditangkap. Sebelumnya Polisi China telah mengadakan razia terhadap sebuat tempat yang dimana kedua jurnalis Australia itu berada.

Namun dikarenakan ketakutan maka kedua pihak wartawan Australia itu pun mau kabur dan khawatir tentang dijadikan pion politik oleh Negara China sendiri. Hal itu disebabkan negara China sedang gencar membataasi visa terbaru untuk semua media masa asing termasuk Australia yang berada di Beijing, China.

Namun sebagai pembalasan Negara Australia pun berencana melakukan penangkapan terhadap jurnalis Australia yang bernama Cheng Lei yang saat itu ditahan di China sejak bulan Agustus 2020 yang lalu. Namun dengan penangkapan terhadap Birtles dan juga Smith yang sebelumnya melakukan peliputan investigatif mengenai penankapan wartawan Cheng Lei.

Untuk hal itu pun Negara China sangat tidak setuju dan juga marah perihal sikap Australia yang melakukan investigasi mengenai asal usul pandemi corona di kota Wuhan yang merupakan salah satu kota pertama yang terkena Covid19.

Sejak saat itu pun Negara China kemudian mengambil beberapa langkah dalam usaha mengurasi impor utama negara Austrasli serta mendorong pelajar dan warga Tiongkok dalam menghindari negara itu. Secara sebaliknya Australia pun telah membuat pelarangan untuk pergi ke negara China

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *